Rabu, 28 April 2010

Sejarah Singkat Situs Mantingan Jepara

Situs Mantingan terdiri atas sebuah bangunan Masjid dan kompleks Makam yang Arsitekturnya sangat berbeda dengan arsitektur Masjid dan Makam Islam pada umumnya. Situs ini terletak 5 KM arah Selatan dari pusat Kota Jepara, tepatnnya di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Sebuah bangunan yang menyimpan peninggalan kuno Islam dan menjadi salah satu asset Wisata Religi dan Sejarah di Jepara, Di mana di sana berdiri megah Sebuah Masjid yng di bangun Oleh seorang Islamik yaitu pangeran Hadlirin suami Ratu Kalinyamat yang di jadikan sebagai Pusat aktivitas penyebaran Agama Islam di pesisir Utara Pulau Jawa dan merupakan Masjid ke dua setelah Masjid Agung Demak, selain itu keberadaan situs ini tidak dapat di lepaskan dengan sejarah Kota Jepara yang berkuasa pada Tehun 1536-1549. Setelah beliau wafat kemudian di gantikan oleh Istrinya yaitu Ratu Kalinyamat Dalam Kurun Waktu 1549-1579.Di atas telah di sebutkan bahwa masjid mantingan merupakan masjid kuno kedua setelah Masjid Agung Demak, yang di bangun pada Tahun 1481 Saka atau Tahun 1559 Masehi. Berdasarkan dari CONDRO SENGKOLO yang terukir pada sebuah Mighrab Masjid Mantingan berbunyi "RUPA BRAHMANA WANASARI" oleh R. Muhayat Syeh Sultan Aceh yang bernama R. Tohyib. Pada awalnya R. Thoyib yang di lahirkan Di Aceh ini menimba Ilmu ke Tanah Suci dan Negeri Cina (Campa) Untuk berda'wah Islamiyahnya, Dan karma kemampuan dan kepandaiannya beliau pindah Ke Tanah Jawa (Jepara) Raden Thoyib Menikah Dengan Ratu Kalinyamat (Retno Kencono) Putri Sultan Trenggono Sultan Kerajaan Demak Saat itu, yang akhirnya beliau mendapat Gelar "Sultan Hadlirin" dan sekaligus di nobatkan sebagai Adipati Jepara (Penguasa Jepara), Sampai Wafat dan di makamkan di Situs Mantingan Jepara. Di makam inilah Pangeran Hadlirin (Sunan Mantingan), Ratu Kalinyamat, Patih Sungging Badarduwung Seorang pati keturunan Cina yang menjadi kerabat Sultan Hadlirin bernama CIE GWI GWAN dan sahabat lainya di semayamkan.

Keberadaan Dan Kegunaan Situs Mantingan Dari awal Di Bangun Sampai Sekarang.

Situs Mantingan khususnya pada makam Manitingan sampai sekarang masih di anggap sakral dan mempunyai tuah bagi masyarakat Jepara dan sekitarnya. Makam yang selalu ramai di kunjungi pada saat "Khool" untuk memperingati wafatnya Sunan Mantingan berikut upacara "Ganti Luwur" atau (Ganti Kelambu) ini ndi selenggarakan setiap satu tahun sekali pada tanggal 17 Robiul Awal atau 9 April (Sehari sebelum peringatan Hari Jadi Kota Jepa). Adapun kepercayaan lain seperti Buah Pace di sekitar Makam yang mana bila di Konsumsi pasangan yang belum punya keturunan maka atas izin Allah pasangan tersebut akan segera di keruniai keturunan dan masih ada banyak keunikan- keunikan lain.

Situs Mantingan sendiri berada sangat strategis dan nyaman, setelah Kami mendapatkan data dari Juru Kunci Situs Mantingan berawal dengan berdirinya pesanggrahan Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat, di mantingan pesanggrahan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan sekaligus tempat menyepi atau tirakat guna mendekatkan diri kepada Tuhan yang di lengkapi dengan sebuah Masjid, oleh sebab itu masyarakat sekitar masjid itu kemudian di kenal dengan sebutan Masjid Mantingan dari tataran tutur masyarakat Mantingan di peroleh data pula bahwa pesanggrahan ini dulunya juga di gunakan oleh Sunan Mantingan untuk mengurusi kepentingan- kepentingan tertentu terutama kaitanya dengan penyebaran Agama Islam di Jepara hal ini di kaitkan dengan arti kata mantingan itu sendiri yang berarti pementingan.

sumber (Bpk Ali Syafi'i)
»»  Baca Selengkapnya...

Inti Sebuah Pendidikan

Inti dari pendidikan adalah untuk mengembangkan secara kreatif potensi anak manusia untuk menjadi dirinya sendiri. Pendidikan dapat dikatakan sebagai usaha untuk memanusiakan manusia. Dalam hal ini diperlukan suatu proses belajar yang rutin dan tekun seumur hidup. Sekolah adalah tempat yang tepat untuk menjadikan seseorang lebih manusiawi, berakhlak dan berpikir untuk maju ke depan.

Sekarang ini bisa dikatakan pendidikan di Indonesia mengarah kepada kemajuan dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Yang kebanyakan diselewengkan orang menjadi kata siape. Dan semoga tidak berubah-ubah lagi saat ganti menteri. KTSP menuntut siswa aktif dan mandiri dalam belajar. Tidak harus dibimbing, atau dijejali materi-materi pelajaran dan model-model pembelajaran yang sudah usang. Guru bukanlah sebagai satu sumber yang maha tahu segalanya akan materi. Guru dalam KTSP hanya sebagai fasilitator dan pembimbing dalam proses pembelajaran.

Tidak seperti pendidikan zaman dahulu yang hanya berpusat pada guru. Model pendidikan ”gaya bank” perlahan-lahan sudah mulai hilang, dengan adanya sumber belajar baru, semisal internet. Seorang siswa sekarang ini sudah mengenal dan akrab akan internet. Jadi, tidak mengherankan jika siswa sekarang lebih pandai dan kreatif mencari bahan-bahan pelajaran.
Proses belajar mengajar semakin bermakna dan bervariasi. Para guru juga harus pandai memanfaatkan waktu luang untuk terus belajar. Pola pendidikan yang otoriter harus dihapuskan. Siswa merupakan makhluk hidup yang mempunyai kebebasan untuk bergerak dan berpikir seperti apa yang diinginkan. Guru tidak boleh mengekang atau menghambat ide-ide kreatif dari siswa. Dan wajib memfasilitasi dan membantu untuk menuangkan ide-ide yang berkualitas dari siswa.Di tengah permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan kita, mulai dari sistemnya, kurikulum, nasib guru kontrak dan honorer, sampai masalah sekolah roboh, masih banyak siswa di Indonesia yang berprestasi dan memperoleh medali emas olimpiade fisika dan matematika di tingkat internasional.Peter. J. Dorst pernah mengatakan bahwa semua negara pasti mengalami permasalahan pendidikan, tak terkecuali Jepang, Perancis, Inggris, Amerika dan negara-negara lainnya. Hanya saja bagaimana kita bertindak untuk mengatasinya.

Pendidikan merupakan awal dari tumbuh dan berkembangnya anak manusia. Belenggu-belenggu yang menghalangi anak didik untuk maju harus kita hilangkan. Manusia diciptakan untuk bebas. Bebas untuk memilih dan menentukan arah hidupnya. Tanpa harus didekte untuk menuruti semua kehendak gurunya. Dan tentunya bebas yang bertanggung jawab.
»»  Baca Selengkapnya...

Nyante ning gelora stadium











»»  Baca Selengkapnya...

Sabtu, 24 April 2010

EMOSI ITU MUSUH

Emosi ,kemarahan adalah musuh besar dalam kehidupan.Apabila emosi datang ,itulah saatnya menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya . Emosi sangat jahat bila kita mengendalikannya, maka hidup dalam genggaman ,dan apabila kita tidak bisa menguasai emosi,maka itulah awal dari kehancuran jiwa dan itulah jurang dalam kehidupan
Emosi adalah lembah hitam dalam hidup.Emosi merupakangabungan dari organ-organ tubuh juga karunia ilahi,gabungan hati,otak pikiran,dan perasaan dalam jiwa.semua itu diungkapkan dan ditunjukkan dengan perbuatan,perilaku jiwa,dan perilaku abnormal.
Emosi juga merupakan ekspresi seseorang tentang apa yang dirasa dan dorongan rasa kecewa yang sangat mendalam,kadang emosi datang lewat lamunan.kadang juga langsung menantang lewat seseorang atau sesuatu hal yang tidak kita sukai.

Emosi seperti virus ,memsuki jiwa tanpa permisi ,memasuki jiwa sanubari ,merusak organ hati,merusak tak kenal henti,mengambil alih semua pos-pos mengendali dalam jiwa dan menyalah gunakan seenaknya tanpa belas kasih menjerumuskan jiwa dalam kenistaan.itulah EMOSI.
Emosi memasuki siapa saja tak pandang harkat,martabat,dan derajatserta merusak jiwa .Perusak sejati,itulah EMOSI. Emosi sungguh sangat keji,membantai siapa saja yangdihampirinya tanpa belas kasih.Menyeret hati untuk menuruti kepuasan emosi.
Dan untuk itu marilah kita semua menjaga diri,mulai dari kita mampu sampai mati dengan cara mendekatkan diri kepada Allah swt, dan memasrahkan semua usaha yang kita lakukan dengan sholawat, dzikir,dan membaca Al-Qur’an. Sesungguhnya inilah cara kita sebagai umat islam untuk membentengi diri dari serangan EMOSI.


»»  Baca Selengkapnya...

SISTIM PENGAPIAN ELEKTRONIK

SISTIM PENGAPIAN ELEKTRONIK


Kekurangan pada sistim pengapian konvensional dibandingkan pengapian elektronik :
• Berkurangnya tegangan tinggi ignition coil pada saat putaran tinggi,
• Memerlukan perawatan secara periodik karena platina akan menjadi habis karena terbakar oleh adanya loncatan bunga api
Sistim pengapian elektronik :Pada sistim pengapian elektronik bekerja tanpa menggunakan sistim mekanis Sebagai pengganti platina digunakan satu rangkaian transistor ( Igniter )

KOMPONEN SYSTEM PENGAPIAN FULL TRANSISTOR
DIDALAM DISTRIBUTOR

1. SIGNAL ROTOR
Berupa rotor yang terpasang pada poros distributor dan berputar sesuai dengan putaran poros distributor, dan memiliki tonjolan sesuai dengan jumlah silinder mesin
2. SIGNAL GENERATOR
Berupa gulungan yang disebut pick-up coil, yang menghasilkan tegangan induksi karena adanya perubahan flux magnet pada saat signal rotor berputar
3. IGNITOR
Rangkaian elektronik yang berfungsi untuk meutus dan menghubungkan arus lisktrik pada primary koil
4. PICK – UP COIL
Generator yang berfungsi untuk menghasilkan arus maupun tegangan untuk mengaktifkan ignitor.
5. MAGNET PERMANEN
Sebagai sumber induksi



»»  Baca Selengkapnya...

BUSI / SPRAK PLUG

Nilai panas Busi :
Suatu index ( harga ) yang menunjukkan jumlah panas yang dapat Dipindahkan oleh busi
Busi panas :
Busi yang relatif sulit untuk membuang panas yang diterima
Busi dingin :
Busi yang dengan cepat sekali membuang panas





SPARK PLUG
A. Busi dengan Resistor
Loncatan bunga api listrik busi, Menghasilkan electromagnetis. Dan dapat menyebabkan gangguan pada peralatan electronic. Sehingga peralatan electronic tersebut menjadi tidak dapat berfungsi.
Busi jenis ini mempunyai tahanan dari ceramic yang dapat mencegah terjadinya penyebab gangguan.
B. Busi platinum
Busi jenis ini menggunakan platinum pada elektrode tengah dan massa
Menjadikan usia pemakaian busi lebih lama & pengapiannya lebih baik
C. Busi Iridium
Busi jenis ini menggunakan Iridium pada elektrode tengah dan Platinum electrode massa
Menjadikan usia pemakaian busi lebih lama & performancenya lebih baik




»»  Baca Selengkapnya...

Type Mesin EFI

Type EFI
Sistem EFI digolongkan menjadi 2 tipe :




Konstruksi Dasar EFI
1. Umum


Konstruksi Dasar EFI
2. Basic Injection Control


Referensi :
Perbandingan bahan bakar – udara teoritis adalah perbandingan bahan bakar dan udara dengan oksigen yang cukup agar bahan bakar dapat terbakar secara lengkap. Pada octan murni perbandingan ini adalah 15:1 ( 15 bagian udara dengan 1 bagian bahan bakar )


Konstruksi Dasar EFI
3. Correction Control Control


Referensi :
Mesin tidak dapat bekerja dengan baik hanya dengan basic injection volume, karena mesin bekerja pada berbagai kondisi, oleh karena itu diperlukan peralatan tambahan ( sensor2 ) koreksi untuk mengatur perbandingan udara dan bahan bakar pada berbagai kondisi kerja mesin

»»  Baca Selengkapnya...

Electronic Fuel Injection (EFI)

Sistem Kerja Pada Mesin EFI
Electronic Fuel Injection


Pembentukan campuran udara dan bahan bakar

Pada sistim EFI terdapat dua peralatan yang berbeda yaitu :
Pressure sensor untuk mendeteksi udara masuk
ECU untuk mengirim signal ke injektor


Keistimewaan EFI dibandingkan Karburator
1. Memungkikan pembentukan campuran yang homogen pada setiap silinder
• Satu silinder satu injektor
• Volume injeksi bahan bakar dikontrol oleh ECU sesuai dengan rpm dan beban
2. Perbandingan udara dan bahan bakar akurat
• Pengiriman campuran uadar dan bahan bakar berlangsung terus menerus secara tepat tidak tergantung pada putaran dan beban
3. Respon yang baik sesuai dengan pembukaan sudut throttle
• Injektor dipasang dekat dengan katup masuk ( Indirect Injection / ID )
• Bahan bakar ditekan dengan tekanan 2 – 3 kg/cm2
• Bahan bakar di injeksikan melalui lobang yang sangat kecil
4. Koreksi campuran udara dan bahan bakar
• Ada penambahan bahan bakar selama mesin distart.
• Ada penghentian bahan bakar selama deselerasi
5. Effisiensi pemasukan campuran udara dan bahan bakar
• Tidak memerlukan ventury untuk mempercepat aliran udara masuk


»»  Baca Selengkapnya...

Sejarah Kabupaten Jepara

Jauh sebelum adanya kerajaan-kerajaan ditanah jawa. Diujung sebelah utara pulau Jawa sudah ada sekelompok penduduk yang diyakini orang-orang itu berasal dari daerah Yunnan Selatan yang kala itu melakukan migrasi ke arah selatan. Jepara saat itu masih terpisah oleh selat Juwana. Asal nama Jepara berasal dari perkataan Ujung Para, Ujung Mara dan Jumpara yang kemudian menjadi Jepara, yang berarti sebuah tempat pemukiman para pedagang yang berniaga ke berbagai daerah.


Menurut buku “Sejarah Baru Dinasti Tang (618-906 M)” mencatat bahwa pada tahun 674 M seorang musafir Tionghoa bernama I-Tsing pernah mengunjungi negeri Holing atau Kaling atau Kalingga yang juga disebut Jawa atau Japa dan diyakini berlokasi di Keling, kawasan timur Jepara sekarang ini, serta dipimpin oleh seorang raja wanita bernama Ratu Shima yang dikenal sangat tegas.
Menurut seorang penulis Portugis bernama Tome Pires dalam bukunya “Suma Oriental”, Jepara baru dikenal pada abad ke-XV (1470 M) sebagai bandar perdagangan yang kecil yang baru dihuni oleh 90-100 orang dan dipimpin oleh Aryo Timur dan berada dibawah pemerintahan Demak. Kemudian Aryo Timur digantikan oleh putranya yang bernama Pati Unus (1507-1521). Pati Unus mencoba untuk membangun Jepara menjadi kota niaga.

Pati Unus dikenal sangat gigih melawan penjajahan Portugis di Malaka yang menjadi mata rantai perdagangan nusantara. Setelah Pati Unus wafat digantikan oleh ipar Faletehan /Fatahillah yang berkuasa (1521-1536). Kemudian pada tahun 1536 oleh penguasa Demak yaitu Sultan Trenggono, Jepara diserahkan kepada anak dan menantunya yaitu Ratu Retno Kencono dan Pangeran Hadirin, suaminya. Namun setelah tewasnya Sultan Trenggono dalam Ekspedisi Militer di Panarukan Jawa Timur pada tahun 1546, timbulnya geger perebutan tahta kerajaan Demak yang berakhir dengan tewasnya Pangeran Hadiri oleh Aryo Penangsang pada tahun 1549.
Kematian orang-orang yang dikasihi membuat Ratu Retno Kencono sangat berduka dan meninggalkan kehidupan istana untuk bertapa di bukit Danaraja. Setelah terbunuhnya Aryo Penangsang oleh Sutowijoyo, Ratu Retno Kencono bersedia turun dari pertapaan dan dilantik menjadi penguasa Jepara dengan gelar NIMAS RATU KALINYAMAT. Pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat (1549-1579), Jepara berkembang pesat menjadi Bandar Niaga utama di Pulau Jawa, yang melayani eksport import. Disamping itu juga menjadi Pangkalan Angkatan Laut yang telah dirintis sejak masa Kerajaan Demak.
Sebagai seorang penguasa Jepara, yang gemah ripah loh jinawi karena keberadaan Jepara kala itu sebagai Bandar Niaga yang ramai, Ratu Kalinyamat dikenal mempunyai jiwa patriotisme anti penjajahan. Hal ini dibuktikan dengan pengiriman armada perangnya ke Malaka guna menggempur Portugis pada tahun 1551 dan tahun 1574. Adalah tidak berlebihan jika orang Portugis saat itu menyebut sang Ratu sebagai “RAINHA DE JEPARA”SENORA DE RICA”, yang artinya Raja Jepara seorang wanita yang sangat berkuasa dan kaya raya. Serangan sang Ratu yang gagah berani ini melibatkan hamper 40 buah kapal yang berisikan lebih kurang 5.000 orang prajurit. Namun serangan ini gagal, ketika prajurit Kalinyamat ini melakukan serangan darat dalam upaya mengepung benteng pertahanan Portugis di Malaka, tentara Portugis dengan persenjataan lengkap berhasil mematahkan kepungan tentara Kalinyamat. Namun semangat Patriotisme sang Ratu tidak pernah luntur dan gentar menghadapi penjajah bangsa Portugis, yang di abad 16 itu sedang dalam puncak kejayaan dan diakui sebagai bangsa pemberani di Dunia.
Dua puluh empat tahun kemudian atau tepatnya Oktober 1574, sang Ratu Kalinyamat mengirimkan armada militernya yang lebih besar di Malaka. Ekspedisi militer kedua ini melibatkan 300 buah kapal diantaranya 80 buah kapal jung besar berawak 15.000 orang prajurit pilihan. Pengiriman armada militer kedua ini di pimpin oleh panglima terpenting dalam kerajaan yang disebut orang Portugis sebagai “QUILIMO”. Walaupun akhirnya perang kedua ini yang berlangsung berbulan-bulan tentara Kalinyamat juga tidak berhasil mengusir Portugis dari Malaka, namun telah membuat Portugis takut dan jera berhadapan dengan Raja Jepara ini, terbukti dengan bebasnya Pulau Jawa dari Penjajahan Portugis di abad 16 itu.
Sebagai peninggalan sejarah dari perang besar antara Jepara dan Portugis, sampai sekarang masih terdapat di Malaka komplek kuburan yang di sebut sebagai Makam Tentara Jawa. Selain itu tokoh Ratu Kalinyamat ini juga sangat berjasa dalam membudayakan SENI UKIR yang sekarang ini jadi andalan utama ekonomi Jepara yaitu perpaduan seni ukir Majapahit dengan seni ukir Patih Badarduwung yang berasal dari Negeri Cina.
Menurut catatan sejarah Ratu Kalinyamat wafat pada tahun 1579 dan dimakamkan di desa Mantingan Jepara, di sebelah makam suaminya Pangeran Hadiri. Mengacu pada semua aspek positif yang telah dibuktikan oleh Ratu Kalinyamat sehingga Jepara menjadi negeri yang makmur, kuat dan mashur maka penetapan Hari Jadi Jepara yang mengambil waktu beliau dinobatkan sebagai penguasa Jepara atau yang bertepatan dengan tanggal 10 April 1549 ini telah ditandai dengan Candra Sengkala TRUS KARYA TATANING BUMI atau terus bekerja keras membangun daerah.

sumber (
rangkuman id.wikipedia.org)
»»  Baca Selengkapnya...

NASIB SIALKU

Suatu waktu, ku berjalan tak tentu. Mengitari sudut kota mulai dari warung jamu sampe warung rambutan, keluar rumah ga’ pamet mau kemana. Ga’ bilang cape-cape ma itu udah biasa, emang sih niatnya mau janjian anak-anak hunk out di jembatan pajajaran.
Ehh pash di tengah jalan, gue lihat ada Sri yang caem-caem (cakep-cakep boo’) and pash di pinggir jalan gue lupa sesuatu, gue lupa banget kaga’ pake sepatu, akhirnya gue mutuchin beli sandal jepit. Pash gue korek kantong, gue lupa bawa duit. Siall…. gimana donk!!! akhirnya gue mutusin tuk balik ke rumah, sesampainya di rumah keluarga pergi semua.
Sial, gimana donk!!! za udah gue manjat pagar yang sedikit lumayan agak berkarat, pash gue mau lompat, gue dilihat ma tetangge, gile gue dikire mau maling mangge .


Akhirnya gue pergi, gue lihat ke belakang ternyata gue dikejar para tetangge, gila beribu jumlahnya. Pash ada bus lewat gue numpank aje, ga’ terpikir duit saku dah ga’ ada. Di sebelah ada cewek aduhai, ta’ sadar jamku melayang dengan santai. Abis entuh, kernek datang nyamperin gue, gue takut keringet gue bercucuran, gue takut mau jawab ape.
Za udah gue pasrah, tenaga udah lelah. Mau diapain juga gue ngalah ahh…!!!
Tanpa basa-basi, gue dilempar keluar kaya mau buang anak kuching. Haaaahh............................. gue dah capek, gue lelah, apes banget gue. Mungkin emang hari ini hari sial gue.
Dah zaw, nih cerita gue. Loh suka, baca aja! kalo ga’ suka, tinggalin aja!.

Makachih cuoey....... bagi yang dah baca !!

»»  Baca Selengkapnya...

Sahabat


Kabut menutupi langit sehingga langit tampak gelap,seperti persahabatan yang kini ku jalani. Engkau yang dulu bersamaku kini hilang tanpa bekas,meninggalkan daku seorang diri dalam malam yang sunyi. Ku merenung dalam heningnya malam,apa salah daku hingga kau pergi tanpa pamit. Siang malam ku resah dengan segala yang terjadi. Melupakanmu begitu sulit,kau adalah bagian dari separuh hidupku. Kini kau tiada dalam hari-hariku,kau menggapai impian yang ada dalam kalbumu tanpa perdulikan perasaanku yang masih mengharapkanmu. Walau kau telah tiada didepan mataku namun kau tetap berada dalam relung jiwa.

Sahabat gapailah mimpimu walau kau harus jauh dariku do’aku menyertai jalan impianmu.Ruang dan waktu takkan dapat memisahkan kita. Hanya ketiadaan di dunia yang dapat memisahkan kita,tapi ku yakin kita kan bertemu dalam surga persahabatan yang lebih kekal dan abadi.Tak selamanya ada perpisahan tanpa ada pertemuan kembali. Jadi kanlah perpisahan itu sebagai cobaan untuk persahabatan kita.jangan jadikan perpisahan beban yang memberatkan .
Dunia tetap terasa bercahaya walau kau jauh disana kabut yang menutupi seakan menjadi awan yang putih bersih .tiada penghalang walaupun terlihat jurang yang teramat dalam .jurang yang akan memisahkan persahabatan yang kini berada diujung kemusnahan .Malam yang sunyi kan terasa menyenangkan walau tanpa kau disisiku .mimpimu adalah mimpiku juga,hidupmu adalah hidupku,kau belahan dari separuh jiwaku .dalam do’a ku memohon kepada tuhan supaya ia menyertai dirilmu dalam siang dan malammu .tapi kutak tahu apa do’amu untuk diriku ,yang kini kau tinggal seorang diri dalam sebuah jurang .mungkin kau tak merasa kau telah menciptakan jurang perpisahan,karena yang ku tahu kau sibuk dengan segala urusan impianmu.biarpun kau ciptakan jurang aku takkan terpelosok dan terjerat kedalam jurang itu.
Bunga yang dulu segar kini layu dan lesu,tapi kelayuan itu bukan disebabkan karena tak semangat.tapi karena kehilangan kesejukan yang tiada lagi dirasakan darimu.
Tapi kutak mengira kau kini datang dan memberikan kesejukan yang lama hilang.kau tersenyum penuh harapan untuk mengembalikan persahabatan yang hampir musnah.kita berdua tersenyum dengan keikhlasan hati demi persahabatan ini.


»»  Baca Selengkapnya...

Sabtu, 17 April 2010

Blog itu apa sih. . . . ?


Blog pertama kemungkinan besar muncul pada tahun 1993 oleh marc Andersen. Awalnya blog bernama weblog. Istilah digunakan untuk menyebut kelompok website pribadi yang slalu diupdate dan berisi lin-link website yang mereka anggap menarik. Kemudian blog berkembang dengan bentuk yang sesuai dengan kemauan para blogger.
Hingga pada tahun 1998, jumlah blog yang ada memang belum seberapa. Hal ini disebabkan pada saat itu, untuk membuat blog diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting. Pada tahun 1999, blog mulai dikenal oleh masyarakat luas karena didukung dengan banyak aplikasi/program pembuat blog yang mulai muncul dan blog semakin diminati.

Blog merupakan singkatan dari web blog yang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan- tulisan yang dimuat sebagai posting dalam sebuah halaman web umum. Blog bisa juga disebut tren gaya hidup digital yang kian berkembang hari demi hari. Blog sendiri juga disediakan gratis untuk siapa saja termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan untuk mempercantik tampilan blog.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program media dan perusahaan. Dan sekarang ini blog bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja serta semua berekspresi pada blog.



»»  Baca Selengkapnya...

Settingan Indosat MMS internet gratis

Settingan Lengkap Indosat MMS+ Jap/jondo (untuk Internet Gratis Indosat Menggunakan ModemHP)

Pengin internet gratis via PC? Pada bingung nyari settinganya?
Ok, ak kasih tau Langkah- langkahnya :

indosatmms+JAP/JONDO

1. run JAP

2. klik config

3. pada tab settings, pilih services>anonymity

4. klik edit filter


5. klik manual

6. pada kolom host isikan "mmsc.indosat.com:443/cgi-bin/
legacy@141.76.45.33"

7. port di isi 443

8. klik ok.

9. pada tab settings>network>check proxy/firewall

10. isi host 10.19.19.19, port 8080

11. klik ok

12. pada halaman utama JAP, kolom services pilih services added by yourself

13. lalu klik server yang sudah kita edit tadi.

14. tunggu sampai konak.

15. proxy browser set localhost port
4001.

Semoga Bermanfaat guys…!!

»»  Baca Selengkapnya...

Mengusir malas sekolah

Hai guys, pernah nggak sih kalian ngrasain yang namanya males untuk masuk sekolah. Banyak alasan dibuat agar orang tua ngijinin kita agar nggak sekolah. Bahkan ada yang nekat berangkat sekolah tapi nggak nyampai sekolah (yang satu ini jangan ditiru ya…!!)
Dari pada kita melakukan hal yang bikin kita rugi lebih baik kita bikin sekolah nyaman yuk! Ingat sekolahku istanaku. Bikin sekolah jadi istana nggak susah kok, coba aja ikutin tips dari saya:
Kebersihan
Kebersihan pangkal kesehatan, so kalau kita mau sehat kita harus menjaga kebersihan, lagi pula kalau lingkungan sekolah kita bersih kita akan nyaman. Nggak usah susah-susah buat menjaga kebersihan. Kita mulai dari hal yang kecil yaitu “membuang sampah pada tempatnya” itu kan hal yang sangat sepele tapi banyak orang yang nggak nglakuinnya.


Ruang belajarmu
Pagi-pagi banget dan sampai dikelas tapi lihat kursi dan meja berserakan kayaknya niat belajarnya jadi ngedrop. Makanya kita tata kursi dan meja secara apik otomatis kita nyaman, ada disitu

Guru adalah sahabat
Percaya nggak percaya kalau kita sebel sama guru pasti mata pelajaran yang diampuh oleh guru tersebut nggak bisa dicerna di otak kita. Sebaliknya kalau kita anggap seorang guru adalah pacar eh sorry tapi sahabat kita lebih mudah untuk berkomunikasi.

Jangan anggap sekolah nakutin
Buang jauh anggapan sekolah nakutin, kalau kita banyak temen otomatis sekolah nggak akan nakutin lagi pula tujuan kita sekolah cari ilmu, kalau cari ilmu takut kapan Indonesia akan maju…?.
Nah mulai sekolah yang rajin yuk. Terutama yang masih dihinggapi ogah-ogahan


»»  Baca Selengkapnya...

KONSEP PEMBUATAN SMS GATEWAY

Tuliskan kegiatan rutin yang pasti Anda lakukan setiap hari, mungkin yang tertulis adalah: sikat gigi, mandi, makan, tidur, dan...mengirim minimal satu SMS.atau menerima SMS, terutama digunakan dalam aplikasi bisnis,
baik untuk kepentingan promosi, servis kepada kustomer, pengadaan
content produk atau jasa, dan seterusnya.
Karena merupakan sebuah aplikasi, maka fi tur-fi tur yang
terdapat di dalam SMS gateway dapat dimodifi kasi sesuai
dengan kebutuhan.
Beberapa fi tur yang umum dikembangkan dalam aplikasi sms gateway adalah:

1. Auto-reply
.
SMS gateway secara otomatis akan membalas SMS yang
masuk. Contohnya untuk keperluan permintaan informasi
tertentu (misalnya kurs mata uang atau jadwal perjalanan),
di mana pengirim mengirimkan SMS dengan format tertentu
yang dikenali aplikasi, kemudian aplikasi dapat melakukan
auto-reply dengan membalas SMS tersebut, berisi informasi

SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) bukan hal baru pada
teknologi mobile, tetapi penggunaannya seolah sudah menjadi
bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat kota.
Tidak surut oleh kemajuan teknologi mobile seperti EMS,
MMS, ringtone, gambar, ataupun video conference, cara bertukar
informasi ala SMS dengan menggunakan teks sederhana
masih tetap menjadi pilihan utama.


Tidak terbatas hanya untuk sarana komunikasi pengganti
percakapan lisan di antara dua orang, SMS saat ini juga ramai
digunakan untuk voting, kuis, lelang, banking, order barang,
promosi, undangan, dan masih banyak lagi.

Apa Kelebihan SMS?
SMS dapat menjadi popular tentunya karena memiliki kelebihan,
dan kelebihan SMS justru terletak pada kesederhanaannya,
sehingga mudah diaplikasikan.
Semua ponsel memiliki fi tur SMS, tidak peduli apakah ponsel
tersebut mendukung 3G dengan fasilitas touch screen ataupun
ponsel tempo dulu yang hanya memiliki satu baris layar sederhana
seperti kalkulator. SMS juga tetap dapat dikirim walaupun
ponsel penerima tidak dalam keadaan aktif dalam limit waktu
tertentu, karena SMS memiliki validity period.
Penyampaian SMS umumnya juga cepat dan tidak mengganggu.
Biaya yang relatif murah juga menjadi salah satu alasan
mengapa SMS digunakan secara luas.
SMS Gateway
SMS gateway merupakan sistem aplikasi untuk mengirim dan/
PROGRAMMING
yang dibutuhkan.
2. Pengiriman massal.
Disebut juga dengan istilah SMS broadcast, bertujuan untuk
mengirimkan SMS ke banyak tujuan sekaligus. Misalnya,
untuk informasi produk terbaru kepada pelanggan.
3. Pengiriman terjadwal.
Sebuah SMS dapat diatur untuk dikirimkan ke tujuan secara
otomatis pada waktu tertentu. Contohnya untuk keperluan
mengucapkan selamat ulang tahun.
Untuk membuat sebuah SMS gateway, Anda perlu mengenal
hal-hal yang berhubungan dengan SMS gateway itu sendiri.
Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam

»»  Baca Selengkapnya...

Type Tranmisi

Type of tranmision
1. Selective gear transmission
• Sliding mesh type
• Constant mesh type
• Synchromesh type

2. Automatic transmission
• Fluid type ( fully hydraulic )
• Electric type ( Electronic Control Transmission )
• CVT ( Continous Variable Transmission )



 Slidingmesh type

Pada tipe ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara gigi percepatan dengan countergear.


Constantmesh type

Pada tipe ini main gear selalu berhubungan dengan gigi pada counter shaft, main gear dilengkapi dengan dog gear yang akan dirhubungkan dengan sleeve yang terpasang pada output shaft.
Shift arm menggerakkan sleeve agar terjadi perpindahan putaran dari main gear ke main shaft.

Synchromesh type

Tipe ini mempunyai keuntungan perpindahan giginya lebih halus, Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda - roda gigi yang akan berhunbungan dengan cara melakukan pengereman.



»»  Baca Selengkapnya...

sistem tranmisi mobil

MEKANISME PERUBAH MOMENT

Transmisi digunakan untuk mengatasi hal ini dengan cara merubah perbandingan gigi, untuk :
• Merubah momen
• Merubah kecepatan kendaraan
• Memungkinkan kendaraan bergerak mundur
• Memungkinkan kendaraan diam saat mesin hidup ( posisi netral )

GEAR SHIFT CONTROL MECHANISM

Dirct control ( tipe pengontrol langsung )


Keuntungan direct type :
• Pemindahan gigi lebih cepat
• Pemindahan lebih lembut dan mudah
• Posisi pemindah dapat diketahui dengan mudah




»»  Baca Selengkapnya...

Dimanakah Sumber RizkiKu???

Ada kisah menarik dimana seorang anak manusia, sebut saja namanya Inur (bukan nama sebenarnya), yang ingin menjadi manusia mandiri. Dia berangkat dari Pekanbaru ke Batam untuk mencari sumber rizki yang lebih besar.

Inur bukanlah seorang pengangguran. Dia muslimat rajin, mandiri dan bakti pada orang tuanya. Semenjak SMA, dia sudah bekerja sebagai pramuniaga di Pekanbaru. Pulang sekolah dia shalat Dhuhur, makan siang terus jaga toko. Sambil nunggu pelanggan, dia memanfaatkan waktu sempit itu untuk membaca buku pelajaran. Jam sembilan malam toko tutup. Dia pulang, membantu ibunya nyuci piring, makan dan sebelum tidur dia kerjakan PR jika memang ada PR dari gurunya. Begitulah kesehariannya dia jalani selama tiga tahun di SMA. Ketika teman-teman SMA-nya pada jingkrak-jingkrak karena lulus SMA, dia justru mengerutkan dahi. Adiknya yang masih SMP sebentar lagi masuk SMA. Orang tuanya tidak mungkin lagi membiayai. Sementara dengan gaji sebagai pramuniaga tidak akan cukup.

Akhirnya Inur memutuskan pergi ke Batam dengan harapan mendapatkan gaji lebih besar. Sesampainya di Batam dia bekerja di perusahaan swasta dengan gaji Rp. 390.000,-. Walaupun dia tinggal di rumah liar dengan dinding papan, rumah diatas pinggiran laut dengan aroma sekitar yang kurang bersahabat, dia tidak pernah mengeluh. Target utamanya dia bisa ngirim uang ke orang tua dan bisa membiayai adiknya sekolah Baru kerja tiga bulan di Batam, tiba-tiba matanya berkunang-kunang. Saya sempat menyarankan sahabat baik saya itu untuk memeriksa ke dokter mata. Dia tidak mau karena takut biayanya mahal dan menolak bantuan saya karena dia tidak mau dikasihani orang apapun alasannya.
Tiga hari kunang-kunangnya belum juga sembuh. Pada suatu pagi teman sekamarnya menepuk-nepuk pundaknya untuk membangunkannya. Badannya dingin dan kaku. Berulang kali temannya menggoyang-goyang badannya, tapi tidak ada respon balik. Di cek nafas dan degup jantungnya dan ternyata... innalillahi wa inna ilai roji’uun. Dia kembali ke pangkuan Sang Robbi dalam usia 19 tahun. Usia yang sangat muda sekali. Dia telah menyusul kepergian ayahnya yang telah mendahului setahun lalu dan belum pernah dia tengok kuburnya. Jenazah Inur dipulangkan ke Pekanbaru dengan biaya Rp. 10 juta. Jauh lebih mahal daripada gaji yang dia kumpulkan selama ini tiga bulan ini (Rp. 1.160.000,-). Lalu dimanakah sumber rizki itu berada ? kenapa Inur yang berusaha mendekati sumber riskinya kok malah mendekati sumber ajalnya? Inilah pertanyaan menarik yang menjadi rahasia Allah dan hanya Dia yang tahu. Manusia hanya bisa berusaha, menganalisa dan berdo’a. Allah memberi pahala manusia bukan dari berapa banyak hasil usaha yang dia lakukan.

Bukan pada kesuksesan atau kegagalan

Tapi yang dinilai adalah pada keihlasan perjuangan / usahanya plus kemanfaatan dari usahanya itu. Allahlah yang mentakar hasil usaha manusia sehingga hasil usahanya itu tidak membahayakannya. Rizki yang banyak kadang tidak selalu baik buat seorang hamba. Tergantung dari hamba itu. Jika rizki yang banyak jatuh pada hamba yang suka bersedekah / zakat dan membantu anak yatim, maka rizki itu menjadi jalan pembuka pintu surga untuknya. Tapi sebaliknya, jika rizki yang banyak justru mengantarkannya ke tempat pelacuran, judi dan kemaksiatan lain; maka nerakalah muara akhir baginya.

Adalah Allah satu – satunya Dzat yang Maha Tahu seberapa banyak ukuran rizki bagi setiap hambanya. Karena itu, marilah kita perbaiki niat kerja kita. Setiap berangkat kerja, ucapkan “ Saya niat mencari yang halal karena Allah”. Mudah-mudahan niat ini menjadi awal terbukanya pintu amal.
»»  Baca Selengkapnya...

Pengaruh TV Bagi Pelajar


Dalam kehidupan sehari-sehari di zaman globalisasi dan perkembangan teknologi yang canggih ini, biasanya kita tidak sadar bahwa kita telah dipengaruhi oleh tayangan televisi yang tidak berpendidikan. Kita sebagai seorang remaja dan juga pelajar, semestinya prihatin karena sinetron- sinetron di televisi saat ini dibanjiri dengan kisah-kisah remaja yang dibumbui dengan kekerasan. Entah mereka bertengkar dengan teman sekolahnya sendiri atau dengan teman-teman lain yang beda geng. Di sinilah peran televisi yang menohok perangai kaum remaja. Memang pada awalnya, pihak stasiun televisi menayangkan sinetron tersebut hanya sebatas hiburan bagi remaja. Namun, para pembuat sinetron tersebut tidak sadar bahwa yang mereka tayangkan dapat mendorong moral remaja ke arus degradasi.

Secara mentah- mentah adegan kekerasan yang ada di televisi itu ditiru dan diparaktikkan dalam pergaulannya.
Industri pertelevisian kita memang mengenaskan. Di era kapitalisme dan globalisasi saat ini, mainstream industri media televisi di Indonesia cenderung mengejar rating, bukan kualitas tayangan yang mengedukasi masyarakat. Beda halnya dengan yang terjadi di negara-negara maju. Para pemilik stasiun televisi sudah sadar untuk memproduksi tayangan-tayangan yang bermutu dan bernilai edukasi bagi publik. Apabila kita menilik hukum positif di Indonesia, segala tayangan yang berbau kekerasan bisa dituntut melanggar Pasal 5 Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Pasal 282 KUHP tentang Kejahatan Kesusilaan. Tak tanggung-tanggung, pelakunya dapat diancam pidana penjara dan denda yang jumlahnya ratusan juta rupiah. Sebagai pelaku media, tentu saja mereka mengerti betul aturan ini. Namun sayang, di negara kita (yang konon sudah teracuni virus kapitalisme), modal lebih berbicara ketimbang moral.

Dengan alibi kebutuhan akan hiburan dan selera pemirsa, pemilik stasiun televisi mengenyampingkan efek negatif yang akan meracuni generasi penerus bangsa menjadi bangsa yang terdekadensi. Perlahan-lahan moral generasi penerus menjadi tergerus arus negatif pengaruh tayangan televisi sehingga akhirnya terdegradasi. Apabila hal ini terus terjadi, pembangunan di negeri ini di masa mendatang akan semakin tersendat bahkan negeri ini akan semakin terpuruk berkat sumber daya manusia (SDM) yang lemah. Dan akhirnya remaja-remaja di era sekarang cenderung meniru dan mudah terpengaruhi oleh adegan-adegan kekerasan yang dipertotonkan secara vulgar di televisi. Sehingga banyak pelajar yang melakukan kekerasan dan tidak ada rasa kasihan sedikitpun dalam diri mereka serta tidak terketuk hati hati nurani mereka.

Kondisi karut-marut seperti itu harus segera dibenahi. Masyarakat mesti diberi ruang mengkritisi tayangan-tayangan yang ada di televisi sehingga tidak lagi hanya menerima secara sukarela tayangan-tayangan yang disodorkan oleh pengelola televisi dan masyarakat tidak lagi dijadikan sebagai bagian dari proses banalisasi.
Di samping itu, sangat dibutuhkan peran dari pemerintah yang sedang berkuasa saat ini untuk membangun SDM yang bermutu. Hal ini bisa dimulai dengan pembangunan moral masing- masing individu remaja. Sehingga, diharapkan nantinya dengan kualitas moral yang baik, santun, dan tidak memiliki tradisi kekerasan, para remaja dapat memperjuangkan dan membawa bangsa dan negara ini menjadi lebih baik. Hal ini memang membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah.
Oleh karena itu, mulai dari saat ini, remaja harus membiasakan diri dengan perangai yang baik dan tidak menghambat pada egoisme diri ataupun kelompok. Sehingga diharapkan masing-masing individu remaja tidak lagi berpandangan bahwa individu atau kelompoknya adalah yang paling benar serta pada akhirnya individu dan kelompok lain yang tidak sesuai dengan keinginannya atau bahkan tidak menurut dengannya, tidak dimusuhi atau bahkan disingkirkan dengan cara kekerasan. Selain itu, perlu dibangun sinergi positif antara masyarakat sebagai konsumen dan media-holder dengan pemerintah sebagai mediator. Masyarakat khususnya remaja perlu diajari bagaimana menilai dan menyeleksi tayangan televisi dengan rating kualitas, bukannya terbawa arus degradasi moral. Sehingga tayangan-tayangan televisi yang dihadirkan ke publik, lebih mengarah ke pendidikan.
Sebetulnya, kesadaran dari tiap individu masyarakat khususnya remaja lah yang paling penting. Sebagai konsumen dari pengelola stasiun televisi, kita dituntut selektif dan pintar dalam memilih tayangan. Selain itu, pembinaan terhadap pengelola televisi agar memproduksi tayangan yang berkualitas, bermutu, jauh dari adegan kekerasan, serta memberikan pendidikan dan pencerahan terhadap masyarakat terutama para remaja, mutlak dilakukan. Sehingga, tidak mempengaruhi para remaja dan pelajar untuk melakukan aksi kekerasan atau perbuatan lain yang menyimpang dari norma-norma adat dan agama. Dan kita harus menolak dengan tegas kreasi seni yang dilakukan dengan aksi vulgar yang terutama tidak mendidik remaja dan pelajar


sumber :( Bahaya IT;Mukho Iriyanto )
»»  Baca Selengkapnya...

Kiat Belajar Efektif


1. Pengertian Belajar Efektif.
Belajar efektif adalah cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai
dari belajar itu sendiri, sesuai dengan kompetensi dasar dari materi yang
diajarkan. Misalnya, siswa dapat melakukan operasi perkalian dan mampu menjawab
soal gurunya dengan baik dan benar.

2. Persiapan Belajar Efektif.
Agar belajar menjadi efektif ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu:
1) Tumbuhkan motivasi untuk belajar, dengan pertanyaan berikut: “mengapa saya
harus belajar, untuk apa saya belajar?.

2) Buatlah jadwal belajar yang rutin dan teratur, misalnya setiap hari ada 3 kali
waktu untuk balajar (siang hari pkl 14.00 – 16.00, malam hari pkl 19.00 –
21.00, dini hari pkl 03.30 – 05.00 ).
Dalam menetapkan jadwal pelajaran, ada 2 hal yang harus dipertimbangkan yaitu:
Sesuaikan jenis pelajaran yang akan dipelajari dengan waktu belajar yang sudah
ditetapkan, misalnya: waktu siang untuk mengulang, malam untuk pelajaran eksak
Matematika/IPA, dini hari untuk hapalan.

Porsi belajar di sekolah dan di rumah harus seimbang, artinya jika pelajaran
matematika di sekolah belajar 3 x seminggu, maka di rumah pun harus belajar 3
x seminggu.
Jika jadwal belajar sudah dibuat, maka hendaklah dipatuhi dan dilaksanakan.
Belajar sedikit-sedikit tapi rutin masih lebih efektif daripada belajar banyak
tetapi tidak rutin.
Lakukan prinsip : 6 x @ 2 jam seminggu = 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam + 2 jam
+ 2 jam
Hindarkan prinsip : 2 x @ 6 jam seminggu = 6 jam + 6 jam
3) Siapkan fasilitas belajar, seperti tempat belajar, alat tulis, buku catatan
dan latihan, buku pelajaran dan alat bantu belajar.
4) Jaga stamina baik fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah) agar tetap
kondisi prima dan berdoa.
3. Kiat Belajar Matematika yang Efektif.
1) Belajar Matematika di Sekolah, dengan mengikuti kaidah SMART, yaitu:
Siapkan pelajaran dengan baik, seperti perlengkapan belajar dan PR.
Menyimak uraian yang disampaikan oleh guru dengan baik dan konsentrasi.
Aktif bertanya jika ada uraian yang tidak jelas.
Rajin sekolah dan rajin mengerjakan tugas atau latihan yang diberikan.
Tulislahlah kembali rangkuman materi dan rumus yang diterangkan oleh guru.
2) Belajar Matematika di Rumah, dengan mengikuti kaidah CERDAS, yaitu:
Catat teori, konsep, dan rumus Matematika sebagai rangkuman materi.
Efisien dalam mengelola waktu, dan efektif setiap kali belajar.
Rajin mengerjakan soal latihan dalam jumlah banyak termasuk PR.
Disiplin belajar, teratur, dan konsisten.
Aktif bertanya kepada teman yang pandai atau guru mengenai soal latihan yang
sulit.
Serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa segala masalah melalui doa dan
bertawakal.

4. Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Belajar’
1) Yakin dapat berhasil dalam kegiatan belajar.
2) Belajar menemukan (membuktikan) atau mencari sesuatu yang ditugaskan.
3) Siap menanggung resiko (tidak putus asa) bila belajat tidak berhasil.
4) Jika tidak berhasil tetapi tetap tekun, karena ketekunan merupakan awal
keberhasilan.

Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar.

Beberapa langkah cara mengatasi kesulitan belajar, diantaranya:
1. Melakukan diagnosa berdasarkan indikasi kesulitan belajar , seperti nilai dibawah
rata-rata kelas, prestasi belum tercapai dan perasaan siswa (tidak konsentrasi).
2. Pahami jenis kesulitan belajar dan sumbernya.
3. Tentukan jenis bimbingan belajar yang tepat.
4. Tetapkan kepada siapa harus berkonsultasi; guru, psikolog, psikiater, atau
konselor.
5. Melakukan evaluasi.
6. Lakukan perbaikan untuk meningkatkan prestasi belajar sesuai potensi yang
dimiliki.

Trik Belajar Efektif.

1. Belajar untuk persiapan ulangan.
Pilihlah pelajaran yang lebih urgent/mendesak untuk dipelajari.
Pilihlah hanya pokok bahasan atau sub pokok bahasan dari pelajaran yang belum
dikuasai denang baik.
Buatlah ringkasan materi dari pokok bahasan yang pelajari, karena lebih praktis
dan efisien.
Persiapan Mental (mengatasi gugup, kurang teliti, tergesa-gesa perlu diusahakan
meliputi tujuan, minat, percaya diri, dan ketekunan dalam belajar).
2. Pada saat ulangan atau ujian.
Periksa seluruh lembar soal dan perhatikan petunjuk pengerjaan pengisian.
Bandingkan jumlah soal dengan alokasi waktu yang diberikan, misalnya naskah 40
soal selama 2 jam (120 menit) artinya 1 soal dikerjakan rata-rata 3 menit (120 :
40)Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
Pada soal pilihan ganda, jawablah dengan cara smart (singkat dan tepat), untuk
soal esai jawablah secara rinci dan jelas.
Manfaatkan waktu yang tersisa untuk memeriksa seluruh soal dan jangan
terpengaruh oleh peserta lain dalam menjawab soal, lebih baik percaya diri.
»»  Baca Selengkapnya...

Rabu, 14 April 2010

4 TRIK NGERINGANIN MASALAH

etiap orang punya masalah, itu hal biasa. Justru kalau nggak punya masalah orang itu perlu di curigai soalnya, nggak ada orang di dunia ini yang nggak punya masalah, kan manisia banyak cobaan.
Sering ngalamin masalah yang berat? Sulit cari solusinya. Dan selau kebawa di keseharian? Dan pengen ngelupain tapi sulit!!
Wah….wah jangan putus asa dulu. Nie tak kasih tipsnya :

1.Nangis aja sepuas-puasnya kan gak ada yang ngelarang buat nangis. Malu kenapa
kalau di tanya orang kenapa nangis? Di kamar doeng nengisnya bukan di pasar…..
hihhihohoho.
2.Tulis di diary, ungkapun semua unek-unek di hati, jangan lupa nulis kata-kata
sinis biar puas.


3.Curhat sama orang terdekat, curhat ke orang lain biasanya jadi solusi yang paling
manjur. Soalnya orang yang ajak kita curhat bisa nenangin hati dan ngasih solusi.
4.Jangan nyiksa diri. Masalah sebesar apapun nggak bakalan selesai kalau saja
nyiksa diri. Udahlah emosinya nggak usak kelewat batas, yang nggak mkanlah,
mandilah. Uhhh kalau pingsan baru tahu rasa.

Ok!!! Guys tuh tadi beberapa tips buat ngringanin + nglupain masalah. Punya masalah? Cobain dulu langkah-langkah di atas pasti bakaln lega. Yach,,,kalu nggak lega juga atau masih keingetan, perlu tuh cari cara lain dan jangan pernah putus asa yaow!!!

And Met Nyobain Guys!!!


»»  Baca Selengkapnya...

Di kantor, banyaklah berdiri jika ingin sehat

Di kantor, banyaklah berdiri jika ingin sehat
Kursi adalah hal yang sangat penting bagi manusia modern. Di kantor, kita selalu mencari kursi yang paling nyaman diduduki, baik dalam arti harifah maupun arti kiasan.
Kita tentu akan senang sekali kalau mendapatkan kursi kerja yang bisa brputar-putar dan memiliki kaki yang beroda, apalagi kalau sandarannya dapat pula direbahkan kebelakang. Selama ini kita beranggapan bahwa dengan berbekal kursi yang ergonomis kita akan dapat bekerja berjam-jam lamanya tanpa merasa lelah. kursi yang ergonomis akan membantu menjaga postur tubuh kita agar tetap baik, walaupun harus bekerja tanpa henti dari pagi hingga saat pulang ke rumah


Para progamer, pengembang situs web, editor,akuntan, operator call center adalah sebagian dari mereka yang harus terus menerus bekerja tanpa meninggalkan computer dan kursi mereka. Makan siang dan makan malampun mereka lakukan sambil duduk di kursi. Bahkan tidak jarang, bila kelelahan, mereka tertidur di kursi mereka dengan sandaran yang direbahkan.
Kursi yang beroda membuat kita semakin malas. Tidak jarang kita hanya mendorong kursi kita dengan kaki tanpa bangkit kalu mau mengambil print out dari printer kita, misalnya. Karena malas, kita biasanya minta tolong pesuruh kantor mengambilkan segala keperluan kita, termasuk air minum.


»»  Baca Selengkapnya...

Aman Menggunakan Facebook

Popularitas facebook terus menanjak di kalangan remaja bahkan sampai ke kalangan orang dewasa. Karena itu, resiko keamanan yang mengancam data-data anda di facebookpun sangat terbuka.
Feature-featur yang ada di setiap website jejaringan social bisa jadi berbeda tampilan, misalnya chat, email, dan instans message. Namun, semua itu disediakan agar antar pengguna website bisa saling berkomunikasi. Satu lagi kesamaan dari website-website itu, semua mewajibkan anggotanya mengisikan informasi diri. Beberapa website menyediakan fasilitas pencarian orang dan hasil pencarian akan menampilkan data sesuai informasi yang diisikan oleh pengguna website, (Hal inipun berlaku di facebook).
Banyak orang bergbung di facebook dengan niat baik. Tapi, bisa jadi ada pula orang yang tak bertanggung jawab dalam menggunakan website ini untuk maksud negative. Jadi, bagaimana cara anda melindungi diri di facebook? Berikut Tips-tipsnya:


1)Ingatlah bahwa internet merupakan ruang publik. Jadi, batasi poasting mengenai informasi pribadi anda. Jangan paoting informasi yang bisa berbahaya bagi diri sendiri misalnya : alamat, no. hp, dll.
2)Berhati-hatilah dengan orang asing karena banyak orang yang menyalah gunakan unternet untuk menipu. Tak ada salahnya menaruhnya curiga dengan orang yang tak dikenal yang ingin mengajak anda berteman, apalagi jika profilnya tidak jelas.
3)Tetap pegang etika berinternet. Jika anada ingin berteman dengan orang baru, teman dari teman anda di facebook.
4)Jangan pernah terpikir untuk iseng di facebook. Misalnya membuat pfofil palsu. Jika ketahuan, selain bikin buruk citra anda di mata teman-teman juga akan membuat anda malu serta bersikaplah dewasa jangan terlalu banyak “BERCERITA” di facebook, terutama mengenai hal-hal yang bersifat pribadi.
5)Virus juga bisa bergabung di facebook. Jangan sembarangan mengeklik Link. Jika link berisi virus terus diklik, computer akan mendownload file yang berisi bisa menginfeksi computer dan jaringan.


»»  Baca Selengkapnya...

Minggu, 04 April 2010

Dunia memberi apa yang kita fokuskan

bila anda memandang diri anda kecil, dunia akan tampak sempit, dan tindakan anda pun jadi kerdil
Namun bila anda memandang diri anda besar, dunia terlihat luas, anda pun melakukan hal-hal penting dan berharga
Tindakan anda adalah cermin bagaimana anda melihat dunia. Sementara dunia anda tak lebih luas dari pikiran anda tentang diri anda sendiri.
»»  Baca Selengkapnya...

Mengasah Diri

Seorang penebang mengasah kapaknya untuk mengumpulkan kayu. Seorang pemburu mengasah pisau dan mengencangkan busur. Seorang penulis meraut pensil. Mereka semua harus memperbarui peralatannya. Mereka itu adalah anda dan saya. Ini adalah prinsip sederhana tentang produktivitas. Tentu, tidak akan banyak pohon yang bisa ditebang oleh kapak yang telah tumpul dan aus. Tidak akan ada buruan yang mampu ditaklukkan oleh busur yang telah renta. Tidak ada sebuah kata bisa tertulis dari pensil yang patah. Maka, apa yang harus kita asah agar tetap meraih kehidupan pribadi dan karier yang penuh dan berlimpah?
»»  Baca Selengkapnya...

Peta Impian

Impian akan mengarahkan kita kemana akan melangkah, bagaimana akan berbuat dan bersikap. Dengan impian kita akan tau dimana titik akhir dari perjuangan. Dan segera setelah mencapai impian itu, kita dapat menggantikannya dengan impian lain yang belum tercapai.
Sahabat, dalam meraih impian, kita perlu strategi dan peta. Sehingga saat berjalan dan bertemu dengan hambatan, kita dapat memilih untuk melompatinya ataukah memutarinya dan mengambil jalan lain. Tanpa mengubah impian, hanya mengubah arah jalan saja.
»»  Baca Selengkapnya...

Keteguhan

Ketika Raja Louis XVI digulingkan dari takhtanya dan dijebloskan ke dalam penjara, puteranya yang merupakan pangeran penerus takhta kerajaan diculik oleh orang-orang yang mengkudeta kerajaan.
Sang pangeran dihadapkan pada hal-hal yang paling menjijikan secara moral. Mereka pikir, jika sang pangeran terpengaruh pada godaan duniawi maka ia tidak akan bisa mencapai takdirnya sebagai raja.
Setiap hari, sang pangeran disuguhi berbagai makanan yang mewah yang jumlahnya sangatlah banyak, minuman anggur, para pelacur yang sangat erotis, bahkan kata-kata jorok dan kasar yang tidak layak diucapkan oleh bangsawan seperti dia.
»»  Baca Selengkapnya...

Kamis, 01 April 2010

Ngadepin Kecapean Mata

Haii,,, gues “ni” gue punya sedikit tips buat kalian yang punya gangguan mata ama yang seneng belajar, “kayak gue”. Mungkin kalian pernah ngrasain yang namanya kecapean mata ,pedes men rasanya, aku Cuma punya 2 cara untuk ngadepin hal tersebut walau pun Cuma 2 tapi manjur bro..

Gini caranya yang pertama kalian cuma memejamkan mata selama 1menit atau sampai mata kalian serasa nyaman, usahakan hal tersebut di lakukan 1 jam 1 kali.


Yang ke 2 usap mata kalian dengan air dingin pada bagian kelopak mata berulang ulang hingga terasa fres, lakukan hal tersebut saat mata kalian sudah merasakan lelah!,”oiza.. satu hal untuk tips yang ke dua ini agar tidak melakukanya terus menerus karma sama aja memaksa mata kalian..OK”


Sekarang triknya bo'.. eh maksute bro..,trik ini juga sering di sebut sebagai senam mata yaitu dimana saat kalian bangun tidur. Caranya ambil benda semacam pensil lalu dekatkan dan jauhkan secara vertical, lakukan hal tersebut berulang ulang hingga 4-5 menit.


OK.. Cuma itu yang bisa saya tulis disini soalnya mata ague udah pedes bro.. “onjoi” moga tips ini berguna..

»»  Baca Selengkapnya...

Template by:

Free Blog Templates