Selasa, 18 Mei 2010

Popularkan Situs Anda!

Memang menyenangkan jika situs Anda menempati peringkat yang tinggi dan memiliki statistik yang baik, tetapi bagaimana cara mempopularkan situs Anda?
Sebelum Anda meneruskan membaca bagian ini, sebelumnya perlu selalu kita sadari bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik, biasanya tidak atau jarang sekali dapat dicapai
secara instan dan tanpa usaha maksimal. Demikian juga dengan popularitas situs Anda, yang merupakan suatu proses yang harus dibangun dengan sungguh sungguh.


Beberapa caranya adalah:
1. Buat hubungan timbal-balik yang saling menguntungkan dengan bertukar link pada situs lain.
2. Terjun ke komunitas seperti forum, blog, mailing list, dan perkenalkan situs Anda dengan cara yang sopan dan tidak melanggar etika komunitas di mana Anda berada. Bahkan kadang cukup menaruh link pada footer (jika diizinkan), Anda mungkin akan mendapatkan beberapa pengunjung baru
3. Tekankan pada kualitas dan bukan pada kuantitas. Lebih baik mendapatkan 10 pengunjung situs yang menghabiskan waktu rata-rata di atas 30 menit berada dalam situs Anda, dibandingkan 100 pengunjung yang rata-rata hanya membuka situs Anda dalam hitungan detik! Karena itu terus kembangkan situs Anda, pelajari apa yang diinginkan oleh pengunjung dan apa yang perlu diperbaiki jika ada. Anggap pengunjung adalah customer, dan customer adalah raja!
4. Masukkan situs Anda pada direktori online (entah yang gratis ataupun bayar) seperti yellow pages, situs alumni Anda, dan lain-lain yang memiliki kategorisasi dan struktur yang baik.
5. Buat artikel ataupun karya tulis lainnya, tambahkan link menuju situs Anda di dalam artikel tersebut, dan publikasikan artikel tersebut sesuai pada tempatnya. Bayangkan jika artikel Anda menarik para pembacanya, tentunya tidak sedikit yang akan penasaran membuka link situs Anda dengan harapan menemukan informasi lebih lanjut. Sangat tidak disarankan Anda melakukan spam dengan bomb e-mail, program robot, atau dalam bentuk apapun yang mengganggu kenyamanan orang lain hanya untuk mengejar popularitas. Memang bagi sebuah situs, popularitas juga dapat berarti uang mengalir lebih lancar. Dengan bekal statistik pengunjung yang tinggi, sebuah situs dapat menyediakan layanan pemasangan iklan dengan biaya relatif cukup mahal.
6. Tetapi sebelum tergiur oleh popularitas dan uang, kita perlu belajar dari situs-situs yang telah populer dan mampu bertahan lama, sekali lagi, mereka selalu membangun kualitas terlebih dahulu sebelum mendapatkan kuantitas. Semuanya kembali pada tujuan sebenarnya situs. Situs diperuntukkan agar orang lain dapat memetik manfaat, maka pengunjung merupakan juri yang sebenarnya untuk menentukan kualitas situs Anda. Dalam jangka panjang, para pengunjung setia yang mendapatkan manfaat dari situs Andalah yang akan terus membuat situs Anda bertahan.

Sumber : Buku PC Media

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates