Photobucket

Rabu, 14 April 2010

Aman Menggunakan Facebook

Popularitas facebook terus menanjak di kalangan remaja bahkan sampai ke kalangan orang dewasa. Karena itu, resiko keamanan yang mengancam data-data anda di facebookpun sangat terbuka.
Feature-featur yang ada di setiap website jejaringan social bisa jadi berbeda tampilan, misalnya chat, email, dan instans message. Namun, semua itu disediakan agar antar pengguna website bisa saling berkomunikasi. Satu lagi kesamaan dari website-website itu, semua mewajibkan anggotanya mengisikan informasi diri. Beberapa website menyediakan fasilitas pencarian orang dan hasil pencarian akan menampilkan data sesuai informasi yang diisikan oleh pengguna website, (Hal inipun berlaku di facebook).
Banyak orang bergbung di facebook dengan niat baik. Tapi, bisa jadi ada pula orang yang tak bertanggung jawab dalam menggunakan website ini untuk maksud negative. Jadi, bagaimana cara anda melindungi diri di facebook? Berikut Tips-tipsnya:


1)Ingatlah bahwa internet merupakan ruang publik. Jadi, batasi poasting mengenai informasi pribadi anda. Jangan paoting informasi yang bisa berbahaya bagi diri sendiri misalnya : alamat, no. hp, dll.
2)Berhati-hatilah dengan orang asing karena banyak orang yang menyalah gunakan unternet untuk menipu. Tak ada salahnya menaruhnya curiga dengan orang yang tak dikenal yang ingin mengajak anda berteman, apalagi jika profilnya tidak jelas.
3)Tetap pegang etika berinternet. Jika anada ingin berteman dengan orang baru, teman dari teman anda di facebook.
4)Jangan pernah terpikir untuk iseng di facebook. Misalnya membuat pfofil palsu. Jika ketahuan, selain bikin buruk citra anda di mata teman-teman juga akan membuat anda malu serta bersikaplah dewasa jangan terlalu banyak “BERCERITA” di facebook, terutama mengenai hal-hal yang bersifat pribadi.
5)Virus juga bisa bergabung di facebook. Jangan sembarangan mengeklik Link. Jika link berisi virus terus diklik, computer akan mendownload file yang berisi bisa menginfeksi computer dan jaringan.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates