Rabu, 22 Juni 2011

Cyber Education For Better Future Of Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi diera globalisasi ini, negara diberbagai penjuru dunia sudah tidak mempunyai batasan dalam memperoleh informasi. Tak terkecuali di negara kita sendiri. Banyak sekali pengaruh-pengaruh dari perkembangan teknologi sekarang bagi bangsa kita ini, mulai dari dunia bisnis sampai mengarah ke dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi lebih terasa manfaatnya dengan adanya jaringan koneksi internet yang memanfaatkan satelit sebagai media transformasi untuk memudahkan kita dalam memperoleh sebuah informasi dan memudahkan kita dalam kegiatan belajar serta berkomunikasi meskipun jaraknya jauh serta ditempat yang berbeda. Dengan hadirnya jaringan internet sebagai sumber informasi sangat memungkinkan seseorang untuk mencari dan menuangkan atau menyebarkan segala ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah, cepat dan juga hemat. Sehingga segala informasi yang ada di internet dapat dijadika sebuah sumber belajar. Contonhya adalah cyber education, yang merupakan sebuah system pendidikan berbasis teknologi jaringan internet yang dapat dijadikan sebuah konsep pendidikan untuk menciptakan bangsa Indonesia lebih baik untuk masa sekarang maupun masa-masa mendatang
Pendidikan pada era globalisasi hendaklah dapat diciptakan dengan baik dan ditata secara sistematis. Bangsa kita sekarang ini masih banyak sekalai berbagai kendala dalam kaitan peningkatan mutu atau kualitas pendidikan. Tidak meratanya sistem pendidikan merupakan salah satu alasan utama tidak baiknya kualitas pendidikan di Indonesia.
Untuk bisa menanggulangi permasalahan yang ada, harus diperlukan adanya kreatifitas. Kreatifitas dalam memanfaatkan media dan juga informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan bangsa ini secara merata dan tertata dengan baik. Perkembangan teknologi sangat berperan penting dalam kaitannya dengan dunia pendidikan. Cyber education merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dan sebagai alternative yang dapat dijadika konsep dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Dengan cyber education ini kita dapat mengakses informasi secara cepat, belajar dengan mudah dimanapun kita berada, dan bisa belajar secara mandiri karena dapat diikuti oleh siapa saja dan tanpa adanya batasan. Sebab dengan mempertahankan system pendidikan lama, tidak akan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan andal. Jika kita tidak bisa mengikuti alur perkembangan teknologi, kita akan selalu ketinggalan. Maka untuk itu kita harus selalu bisa menerima dan juga memanfaatkan perkembangan teknologi, karena teknologi sekarang ini sangat berperan sekali dalam proses pendidikan. Kualitas unggul dalam proses pendidikan sangat menentukan masa depan bangsa ini.

1 komentar:

danul mengatakan...

kunjungi juga http://danewsinfo.blogspot.com/

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates