Selasa, 21 Juni 2011

Mengembangkan Kemajuan Bangsa Melalui Cyber Education

Perkembangan atau kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah ke seluruh belahan dunia telah di manfaatkan oleh berbagai negara, institusi dan para ahli untuk berbagai kepentingan termasuk didalamnya untuk pendidikan atau pembelajaran. Pendidikan merupakan peranan penting dalam menentukan baik buruknya masa depan sebuah bangsa. Jika sistem pendidikan di konsep dengan secara baik, maka baik pula masa depan bangsa itu. Penggunaan Cyber Education adalah sebuah langkah yang bisa dipakai dalam mengembangkan pembelajaran yang ada di negara ini. Cyber Education adalah sebuah sistem pendidikan atau pembelajaran yang berbasis komputer dan internet. Dengan adanya cyber Education ini seorang pelajar dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analis, tidak hanya konsumen informasi saja. Cyber Education sangat bermanfaat sekali bagi pelajar dan masyarakat di Indonesia, mereka menganalisis informasi secara relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dengan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas, karena dengan pembelajaran model Cyber siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran dengan cara mengakses melalui jaringan internet dengan mudah dan cepat.
Internet merupakan sarana yang paling mudah dalam menuangkan informasi maupun mencari informasi serta di manfaatkan untuk pembelajaran. Hampir setiap menitnya pasti ada informasi-informasi baru dan bisa diperoleh secara gratis. Pembelajaran memalui internet lebih efektif untuk mencoba belajar secara mandiri, kita tidak perlu mahal-mahal beli buku ataupun ikut privat, dengan cyber education ini kita bisa belajar lebih banyak tanpa ada batasannya. Dan internet bisa dikatakan sebagai tenaga pengajar atau guru yang baik karena internet adalah guru yang tak pernah marah. Maka untuk itu cyber education ini sangat perlu diterapkan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Karena pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya, memungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitasnya tidak mempunyai batasan karena tidak memerlukan ruang kelas, kemudian pembelajarannya dapat dilakukan secara interaktif, sehingga menarik pembelajar dan memungkinkan pihak orang tua atau guru dapat turut serta dalam proses pembelajarannya dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan secara online.
Perlu kita catat disini, bahwa kita jangan kemudian memanfaatkan kemajuan teknologi dengan hal-hal yang negatif. Karena mungkin saja ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam penggunaan Cyber Education, bukannya mencari ilmu yang bernilai tapi malah membahas yang tidak perlu bahkan malah mengakses situs-situs yang kurang baik.
Pendidikan memang mengandung bagian – bagian yang universal yang berlaku sepanjang masa dan di segala tempat. Tetapi ada bagian-bagian yang tergantung pada manusia, masyarakat dan lingkungan yang menghasilkan serta yang menerapkannya. Ilmu pendidikan dan teknologi dipakai dalam pembagunan, yang tidak lain daripada mengubah lingkungan untuk meningkatkan taraf hidup manusia serta membuat masa depan bangsa ini lebih baik.

1 komentar:

Belajar Seo mengatakan...

oke gan.. sukses selalu ngeblognya zaw

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates